Wanita Dalam Konsep Islam

1. Ia diciptakan sebagai sakanah yang artinya yaitu penyenang dan penentram. Bagi kaum pria, setiap harinya dihadapkan pergulatan nafkah, di rumah ia membutuhkan belaian sayang, sambutan senyum ceria, dan kelembutan tegur sapa dari sang istri, guna memulihkan kesejukan jasmani dan rohaninya dari kepenatan dan kejenuhan pekerjan yang dihadapinya sehari-hari. Dari perilaku sang istri tersebut, ternyata benar-benar memperlihatkan ketentraman dan ketenangan lahir batin yang sanggup membangkitkan semangat dan gairah dalam menghadapi tugas-tugas rutin pada hari-hari berikutnya.


2. Sebagaimana firman Allah : "Dan dijadikan diantaramu rasa kasih sayang." (Ar-Ruum : 21). Dalam pengertian tersebut ditandaskan bahwa perempuan berperan sebagai sumber kasih sayang. Dengan demikian merupakan kewajibannya mempersiapkan agenda dalam menunaikan kiprah menyambut kedataangan suami dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang.

3. Tugas ketiga memperlihatkan suatu cakrawala bagi kaum perempuan dibalik kodratnya sebagai istri, juga sebagai ratu rumah tangga dan pendidik anak cucunya. Tipe perempuan manakah yang sanggup menyandang kiprah dan kewajiban tersebut? Apakah perempuan kolot atau perempuan cerdik yang memahami metode pengurusan rumah tangga, menguasai ilmu akhlak pergaulan, mu'asyarah bil ma'ruf antar suami istri, dan ilmu pendidikan serta pelatihan generasi?

Bagi perempuan yang membekali putra-putrinya semenjak usia dini dengan dasar agama dan keluhuran kebijaksanaan pekerti, mudah hal ini akan memudahkan kiprah dan kewajiban ibu itu sendiri. Membantu kiprah para pendidik di sekolah, mempermudah pengarahan sang ayah dan membantu membuat masyarakat yang baik. Dapatnya kaum perempuan menunaikan kewajiban tersebut, ia dituntut dengan adanya kesiapan dan persiapan banyak sekali aspek kehidupan, sehingga bisa menjadi seorang feminis berdasarkan konsep Allah dengan keutuhan semua hak-haknya.

Belum ada Komentar untuk "Wanita Dalam Konsep Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel