Fakta Unik Kelelawar

Kelelawar atau kalong ini banyak dibincangkan orang sebagai hewan yang mengandung mistis. Apa iya? Iya sih, kebanyakan film horor ketika kelelawar muncul menjadi aura tersendiri bagi penonton yang menyaksikan. Itulah penyebabnya kita menjadi berfikiran bahwa kelelawar itu sedikit horor. Namun apakah anda sudah tahu bahwa ada keunikan pada kelelawar. Simak dengan baik ya!

Fakta unik kelelawar

1. Substansi yang ditemukan dalam air liur kelelawar vampir digunakan untuk mengobati pasien stroke dan penyakit jantung pada manusia.
2.  Kelelawar Little Brown mampu menurunkan detak jantung hingga hanya 20 denyut per menit dan bahkan bisa berhenti bernapas selama 48 menit saat hibernasi.
3. Seekor kelelawar Little Brown bisa makan sampai 1000 nyamuk dalam satu jam Hewan ini juga dikenal sebagai salah satu mamalia dengan usia terpanjang dengan mempertimbangkan ukuran tubuhnya. Kelelawar Little Brown bisa hidup hingga 40 tahun.
4.  Kelelawar vampir terkenal mau membagi makanan kepada individu lain yang sedang sakit atau kelaparan.
5. Kelelawar dapat menangkap serangga sambil terbang karena struktur membran sayap dan susunan otot dan tulang yang kuat.
6.  Spesies yang berbeda dari kelelawar memakan jenis makanan berbeda. Beberapa kelelawar memakan ngengat, agas, kumbang, dan jangkrik. Sementara yang lain makan serbuk sari, nektar, dan kelopak bunga. Beberapa spesies bahkan makan katak kecil, kadal, burung, dan ikan.
7. Tidak seperti manusia, kelelawar istirahat pada siang hari. Mereka dapat ditemukan di tempat yang terisolasi dengan ciri menggantung kepala di bawah saat tidur. Sebagai makhluk malam, kelelawar mencari makanan pada malam hari.
8. Kotoran kelelawar yang ditemukan di gua-gua membantu menjaga ekosistem gua karena berfungsi sebagai sumber makanan bagi bakteri dan organisme lain.
9. Kelelawar tidak buta, bahkan beberapa spesies memiliki kemampuan penglihatan amat baik.
10. Kelelawar bisa hidup selama 20-30 tahun.
11. Kelelawar membantu dalam penyerbukan dan penyebaran makanan.
12. Sebagian besar spesies kelelawar melahirkan satu anak tiap tahunnya. Berdasarkan ukuran tubuh, kelelawar merupakan mamalia yang bereproduksi paling lambat.
13. Tidak seperti kepercayaan populer tentang hewan kotor, kelelawar adalah hewan yang sangat bersih dan secara teratur membersihkan tubuhnya.
14. Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang benar-benar bisa terbang.
15. Kelelawar merupakan kelompok mamalia terbesar dengan 900 spesies lebih yang ada di seluruh dunia.
16. Kelelawar lebih memilih gua sebagai tempat hidup karena adanya kelembapan tinggi di dalam gua.

Nah itu dia fakta unik tentang kelelawar, semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Fakta Unik Kelelawar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel