Pentingnya Mengenal Allah

1. Mengetahui Tujuan Hidupnya

Seorang yang mengenal Allah SWT (Ma'rifatullah) niscaya akan tahu tujuan hidupnya, tujuan mengapa ia diciptakan dan untuk apa ia berada di atas dunia ini. Oleh alasannya itu ia tidak akan tertipu oleb kemilaunya dunia, tidak akan terpedaya oleh harta benda dunia.

Sebaliknya, seseorang yang tidak mengenai Allah, tentu ia akan terpedaya dan terpukau oleh indahnya dunia ibarat diterangkan dalam firman Allah:

Hai golongan jin dan manusia, apakah belum tiba kepadamu rasul-rasul dari golongan kau sendiri, yang memberikan kepadamu ayat-ayat-Ku dan memberi peringatan kepadamu terhadap pertemuanmu dengan hari ini Mereka berkata:"Kami menjadi saksi atas diri kami sendiri", kehidupan dunia telah menipu mereka, dan mereka menjadi saksi atas diri mereka sendiri, bahwa mereka ialah orang-orang yang kafir. (QS. 6:130)
Pada gilirannya orang itu menghabiskan umurnya untuk mencari dunia, menikmatinya kolam hewan (QS. 47:12).


2. Merasakan Keluasan Hidup

Seorang yang mengenal Allah akan mencicipi kehidupan yang lapang walau bagaimanapun keadaannya. Seandainya ia seorang miskin ia akan sabar, alasannya ia tahu bahwa dibalik kehidupan fana ini ada kehidupan baqa (abadi), kawasan kenikmatan. Seandainya ia seorang kaya ia bersyukur, alasannya harta yang ada padanya kini ini hanyalah titipan Allah yang diamanatkan padanya.

Sabda Rasulullah, “Sungguh sangat menakjubkan urusan orang mukmin itu, bahwasanya seluruh urusannya baik dan hal yang demikian itu tidak terdapat pada seorang pun kecuali hanya pada diri orang mukmin. Bila diberi nikmat ia bersyukur, yang demikian itu baik baginya, dan kalau ditimpa tragedi alam ia bersabar, hal yang demikian juga baik baginya ”. (HR. Muslim). Lain halnya seorang yang tidak rnengenal Allah. ia akan mencicipi kehidupan dunia ini sempit bagaimana pun keadaannya. Firman Allah:
Dan barangsiapa yang berpaling dari peringatan-Ku, maka bahwasanya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari simpulan zaman dalam keadaan buta". (QS. 20:124)


3. Berjalan Menuju Ridha Allah

Seorang yang mengenal Allah akan selalu mengharap ridha-Nya dalam setiap perbuatannya, dalam perjalanan hidupnya ia tidak akan berbuat sesuatu kecuali kalau hal itu diridhai Allah SWT. Lain halnya dengan orang yang tidak mengenal Allah. Ia berbuat menurut kemauan syahwat dan kehendak hawa nafsunya. Jadilah hawa nafsunya Tuhan selain Allah, yang memerintah dan melarangnya. Firman Allah:
Terangkanlah kepadaku ihwal orang yang mengakibatkan hawa nafsunya sebagai Ilahnya. Maka apakah kau sanggup menjadi pemelihara atasnya? (QS. 25:43)

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Mengenal Allah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel