Fakta Unik Lebaran di Indonesia



Saya admin catatanspirito.blogspot.com mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H, mohon maaf lahir dan batin"
Berhubung saat ini momen lebaran maka tanpa panjang lebar saya akan berbagi tentang fakta unik lebaran idul fitri di Inonesia. Kebiasaan masyarakat indonesia mulai menjelang lebaran sampai selesai lebaran beberapa diantaranya ada yang berbeda dengan negara lain. Maka dari itu saya ingin berbagi keunikan yang anda di Indonesia berkaitan dengan lebaran Idul Fitri.

Fakta unik lebaran Idul Fitri di Indonesia 



1. Mudik

Sudah tidak asing lagi didengar, kalau mudik merupakan bagian dari kegiatan sebelum menjelang lebaran. Mudik adalah kegiatan perantau untuk kembali ke kampung halamannya.

2. Takbir Keliling
Tradisi ini sudah turun temurun dilakukan, namun sangat disayangkan kegiatan perlahan mulai hilang. Itu dikarenakan adanya konvoi para remaja dan pemuda yang justru membuat keramaian yang tidak bermanfaat dijalanan.

3.Menabuh Bedug
Ramai bedug ketika pada malam takbir berkumandang. Banyak masjid-masjid yang membunyikan bedug dan bersahutan ketika malam takbir.

4. Halal Bihalal
Ketika sesudah Sholat Idul Fitri maka sudah selayaknya para umat muslim berjabat tangan untuk saling memaafkan.

5. Sungkeman
Tradisi yang dilakukan di Indonesia adalah sungkeman. Kalau secara arti sungkem adalah yang dilakukan oleh kedua pengantin kehadapan orang tua serta keluarga yang lebih tua(pinisepuh) dari kedua belah pihak, menunjukkan tanda bakti dan rasa terimakasih atas bimbingan dari lahir sampai ke perkawinan. Namun saat lebaran sungkeman dilakukan untuk memohon maaf kepada orang tua atau orang yang lebih tua.

6. Ketupat Lebaran
Sudah menjadi kebiasaan, bahwa hari lebaran identik dengan ketupat. Umumnya ada yang memakan pada hari lebaran dan ada pula yang merayakannya pada hari ke 7.

7. Tunjangan Hari Raya dan Pesangon
THR atau tunjangan hari raya diberikan oleh sebuah instansi kepada pekerjanya ketika menjelang lebaran. Sedangkan pesangon yang dimaskudkan disini adalah uang saku yang diberikan oleh orang tua kepada anak-anak.

8. Pakaian Baru
Pasar tidak akan sepi ketika menjelang lebaran. Sudah pasti masyarakat berbodong-bondong untuk mencari pakaian baru untuk dipakai pada saat lebaran.

9. Ziarah Kubur
Umat muslim yang tidak lupa dengan ahli kubur atau saudaranya yang telah meninggal setiap menjelang lebaran biasanya melakukan ziarah kubur guna untuk mendoakannya.

10. Petasan dan Kembang Api
Ini yang membuat saya jengkel, ketika sedang lewat tiba-tiba ada yang menyalakan petasan. Siapa yang tidak kaget?  Tapi inilah tradisi di Indonesia, ketika malam takbir petasan dan kembang api dinyalakan. Atau biasany meriam bambu sebagai pengganti dengan harga ekonomis.

Sekian artikel tentang "Fakta Unik Lebaran di Indonesia" , beberapa diantaranya saya fikir tidak ada di negara lain.

Belum ada Komentar untuk "Fakta Unik Lebaran di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel